MAKALAH MANAJEMEN PERKANTORAN
BAB
1
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Menurut James A. F Stoner, Manajemen adalah sebuah proses
Perencanaan , Pengorganisasian, Kepemimpinan dan pengendalian upaya anggota
organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan
yang telah di tetapkan. Oleh sebab itu manajemen adalah suatu keadaan yang
terdiri dari proses yang di tunjukka oleh sebuah garis (line) mengarah kepada
proses perencanaan , pengoganisasian , kepemimpinan, dan pengadilan, yang mana
keempat prroses terssebut salinng mempunyai fungsi masing-masing untuk mencapai
suatu tujuan organisasi. Dapat di simpulkan bahwa Manajemen Kantor adalah
kegiatan yang dilakukan untuk mengelola , merencanakan dan mengawasi serta
mengontrol setiap aktivitas kantor , di mana hasil akhir kegiatan kantor ini
berwujud pelayanan informasi pada berbagai pihak. Sedangkan beberapa bentuk
kegiatan/pekerjaan kantor anatara lain: kegiatan catat-mencatat, komunikasi,
pengumpulan dan penyimpanan informasi (arsip), pelayanan tamu, pelayanan rapat
dan lain sebagainya.
Dalam proses manajemen , sasaran yang ingin di peroleh adalah tercapainya
sebuah tujuan secara efisien. Apabila dalam mencapai tujuan tidak sesuai dengan
perencanaan dan dalam proses kegiatannya menimbulkan pemborosan tersebut, maka
hal tersebut sebaiknya di hindari. Untuk mencegah adanya pemborosan tersebut,
maka sumber daya yang akan di manfaatkan dalam proses mencapai tujuan itu
hendaknya di kelola dengan menerapkan fungsi-fungsi manajemen.
1.2
Batasan Masalah
a. Apa
Perbedaan Manajemen Perkantoran Dan Pekerjaan Kantor?
b. Apa
Saja Aktivitas Dalam Manajemen Perkantoran?
c. Apa
Saja Tantangan Yang Harus Di Hadapi Oleh Manajemen Perkantoran?
1.3
Tujuan
a. Mengetahui
Semua Hal Secara Jelas Dan Tepat Mengenai Manajemen Perkantoran.
b. Menyelesaikan
Tugas Mata Kuliah Manajemen Perkantoran
BAB 2
PEMBAHASAN
PENGERTIAN
MANAJEMEN PERKANTORAN
Manajemen Perkantoran dinyatakan sebagai kekuatan yang tidak berwujud, yang
merencananakan,mengorganisasi,dan mengkoordinasi manusia, bahan bahan,mesin
mesin,metode metode,uang dan pasar dalam bidang pekerjaan kantor dan yang
mengarah kan dan mengawasi hingga mencapai sasaran perusahaan.
Manajemen Perkantoran bukanlah suatu aktivitas yang hanya bersifat
mekanistik. penerapan fungsi manajerial secara efektif dan kemampuan manajer
untuk membuat keputusan,memimpin pihak lain,menjalankan injenuitas.
PEKERJAAN
KANTOR
Pekerjaan Kantor merupakan sebuah fungsi yang memberikan bantuan. pekerjaan
kantor dinyatakan sebagai alat alat katalitis manajemen modern. seluruh
aktivitas manajerial planning,organizing,coordinating,directing dan controlling
tergantung dari service kantor yang bersifat membantu.
Pekerjaan
Kantor Berhubungan Dengan 4 Aktivitas Pokok :
1) Catatan(Records)
2) Angka
Angka(Figures) Dan Perhitungan Perhitungan(Computations)
3) Penyimpanan
Produk Sendiri(Retention Of Products)
4) Komunikasi
Intern Dan Ekstern(Internal And External Communication S)
Pekerjaan kantor adalah pekerjaan yang memberikan jasa yang dilaksanakan
secara primer untuk kepentingan departemen lain sebuah perusahaan karena
dibantunya pihak lain untuk melaksanakan pekerjaan mereka secara lebih efektif.
1.
AKTIVITAS AKTIVITAS MANAJEMEN PERKANTORAN
1) Menyediakan
Sesuatu Organisasi Kantor Yang Efektif.
2) Aktivitas
Ditentukan Dan Personil Yang Tepat Dipekerjakan
3) Saluran
Dan Hubungan Organisatoris Digariskan.
4) Delegasi
Kekuasaan Dan Tanggung Jawab.
5) Tanggungjawab
Tetap Antara Personil.
2.
Mengusahakan Fasilitas Fisik Dikantor
1) Layout
Perkantoran,Pengaturan Mebel Dan Alat Kantor.
2) Penerangan
Cukup.
3) Ditiadakannya
Suara Yang Tidak Perlu.
4) Ventilasi
Secukupnya.
3.
Menspesifikasi Dan Membeli Alat Dan Persediaan.
1) Meubel
dan alat kantor
2) Mesin kantor
3)
Persediaan
kantor
4.
Mengusahakan Fasilitas Service Dan Komunikasi
1) Pekerjaan
korespondensi,stenografi dan mengetik.
2) Penyimpanan arsip dan catatan catatan.
3) Mengerjakan
surat masuk dan keluar..
4) Service
telepon dan telegraf.
5) Pegawai
bagian penerimaan dan informasi.
6) Service
petugas yang membawa berita.
5.
Mengusahakan Adanya Hubungan Majikan Pekerja Yang
Memuaskan
1) Supervisi
yang cukup
2) Analisis pekerjaan
dan pendidikan
3) Administrasi
gaji
4) Pemilihan
pekerjaan
5) Latihan
dan promosi
6) Usaha
yang menjamin keselamatan dikantor
7) Motif
pekerja kantor.
6.
Menganalisis Dan Memperbaiki Metode Kantor Serta Prosedur
1) Penghematan
gerakan dan simplifikasi pekerjaan.
2) Standard
waktu.
3) Menetapkan
metode efisien serta prosedur.
7.
Mengawasi Aktivitas Kantor.
1) Kualitas
pekerjaan
2) Perencanaan pekerjaan kantor.
3) Penetapan waktu pekerjaan kantor.
4) Menulis dan menerbitkan buku petunjuk untuk
kantor.
5) Data
budget dan biaya lain.
TANTANGAN
YANG DIHADAPI OLEH MANAJEMEN PERKANTORAN
Kesalahan
Yang Paling Banyak Terdapat Pada Bidang Manajemen Perkantoran :
1) Ketidakmampuan
Untuk Mengerti Hubungan Tepat Kantor Dengan Bagian Lain Dari Perusahaan.
2) Pekerjaan Kertas Dilakukan Secara Berlebihan
3) Kegagalan
Untuk Menyederhanakan Pekerjaan Kantor
4) Ketiadaan
Keseimbangan Antara Sentralisasi Dan Desentralisasi
5) Penerapan
Asas Mekanisasi Tanpa Motivasi.Ketidaksediaan Untuk Mendelegasi,
6) Tingkat Otoritas
Yang Perlu Untuk Melaksanakan Fungsi Mereka Dengan Baik Kepada Pihak Bawahan.
7) Terbatasnya
Jumlah Pengawas Yang Merupakan Pemimpin.
BAB
3
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Manajemen Kantor adalah kegiatan yang dilakukan untuk
mengelola , merencanakan , dan mengontrol setiap aktivitas kantor , dimana hasil
akhir kegiatan kantor ini berwujud pelayanan informasi pada berbagai pihak.
Sedangkan beberapa bentuk kegiatan/pekerjaan kantor lain: Seperti
catat-mencatat, surat-menyurat , komunikasi , pengumpulan dan penyimpanan
informasi (arsip) , pelayanan tamu , pelayanan rapat dan lain sebagainya.
Manajemen Perkantoran dapat di nyatakan sebagai “Kekuatan
yang tidak berwujud , yang merencanakan , mengorgaisasikan dan
mengkoordinasikan manusia, bahan-bahan, mesin-mesin , uang dan pasar-pasar
dalam bidang pekerjaan kantor dan mengarahkan dan mengawasi aneka macam hal
sedemikian rupa, hingga di capai sasaran perusahaan.
3.2
Saran
Kami menyadari dalam setiap kata demi kata tentu ada
kesalahan dalam penulisan makalah ini yang di sengaja maupun tidak di sengaja.
Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun untuk menjadikan makalah ini
lebih baik ke depannya sangat kami harapkan bagi semua pembaca.
DAFTAR PUSTAKA
WINARDI.1990.Manajemen
Perkantoran Dan Pengwasan.
BANDUNG. MANDAR MAJU.
.
0 Response to "MAKALAH MANAJEMEN PERKANTORAN"
Post a Comment